MEMBUMIKAN GAS BUMI: KEMANA SAJA PGN SELAMA INI?

Bagi konsumen ketersediaan barang yang dibutuhkan menjadi salah satu faktor mengapa barang tersebut dibeli atau dipilih. Sebagus apapun barang tersebut kalau langka atau bahkan tidak ada tentu tidak akan dipilih. Bagaimana mungkin kita menggunakan sesuatu barang yang tidak ada betapapun kita membutuhkannya. Misalkan ada pilihan, barang A bagus tapi tidak ada, barang B kurang bagus tapi ada, tentu konsumen akan memilih barang B karena barangnya ada. Barang A murah harganya tapi tidak ada, barang B lebih mahal tapi ada, sudah bisa ditebak walaupun mungkin terpaksa konsumen akan memilih barang B. 
Saya sebagai konsumen pengguna gas untuk rumah tangga, jujur baru mengetahui kalau ada produk yang demikian bagus. Itu pun baru mengetahui setelah ada lomba menulis blog yang diadakan Perusahaan Gas Negara (PGN) dengan tema membumikan gas bumi. Bagaimana tidak bagus, kalau gas bumi yang dihasilkan Perusahaan Gas Negara (PGN) memiliki keunggulan-keunggulan, seperti: harga yang kompetitif, pembakaran sempurna, efisiensi pembakaran tinggi, tidak perlu tempat penyimpanan, tidak perlu pengangkutan, kualitas dan kuantitas lebih terjamin, biaya operasional dan pemeliharaan rendah, kontinuitas suplai lebih terjamin, bersih dan ramah lingkungan, mampu menjangkau pengguna lebih luas. Gas bumi adalah sumber energi yang bersih dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan minyak bumi atau batu bara sehingga efisien bagi pemenuhan kebutuhan penggunanya. Gas bumi sangat aman digunakan oleh penggunanya, hal ini disebabkan oleh sifatnya yang tidak beracun, tidak berwarna, lebih ringan dari udara dan tidak berbau. Namun sebagai tindakan pencegahan, gas bumi PGN ditambahkan suatu bahan pembau agar mudah dikenali. Jadi, barangkali saya yang kurang pergaulan atau PGN-nya yang kurang gencar dalam pemasarannya sehingga saya baru tahu sekarang. Dan sayangnya lagi, sampai saat ini jaringan gas bumi PGN belum menjangkau daerahku, Boyolali. 
Namun rupanya PGN sudah lebih banyak berusaha untuk membumikan gas bumi salah satunya dengan mengadakan lomba blog, internet marketing. Salah satu strategi pemasaran yang menurut saya cerdas karena kita sekarang berada di era milenial, era gadget, era medsos. Segala informasi bisa diperoleh melalui internet dan pemasaran melalui internet menjadi strategi pemasaran yang efektif dan efisien menjangkau kalangan lebih luas. Karena salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah melakukan promosi dengan cara yang kreatif, konsisten dan terus menerus. PGN sudah melakukannya dengan sering menampilkan produk dan kegiatannya di medsos. Promosi efektif yang dahulu dari mulut ke mulut sekarang berganti dari cuitan ke cuitan di facebook, instagram, twitter, dan sebagainya. 
Mengenali pelanggan adalah salah satu cara untuk lebih membumikan gas bumi. Pelanggan Perusahaan Gas Negara adalah sektor pembangkit listrik, sektor industri manufaktur, sektor industri jasa dan komersial, sektor rumah tangga dan pelanggan kecil, dan sektor transportasi. Memberikan pelayanan sebaik-baiknya ke konsumen sesuai dengan apa yang diinginkan akan menjadi nilai tambah tersendiri. Kerja sama dengan perusahaan pengembang perumahan misalnya akan mempercepat proses membumikan gas bumi ke masyarakat. Kerja sama dengan pengelola jalan tol akan memudahkan pemasangan jaringan pipa gas sepanjang jalan tol, tidak perlu membebaskan lahan lagi. Seperti penandatanganan Kesepakatan dan Komitmen Penggunaan Jalur Tol Trans Sumatera milik PT Hutama Karya (Persero) (HK) yang dilakukan PGN baru-baru ini untuk mengaliri pelanggan di Dumai. Atau barangkali kerja sama juga bisa dijalin dengan PT KAI yang memiliki lahan luas di sepanjang jaringan rel keretanya. Semua kerja sama itu saya yakin akan mempercepat usaha membumikan gas bumi PGN. 
Hubungan yang baik dengan konsumen menjadi strategi membumikan gas bumi yang harus selalu dijaga oleh PGN, konsumen adalah raja. Apapun keluhan konsumen harus segera ditanggapi dengan baik dan bijak serta segera dicarikan solusi yang terbaik bagi konsumen. Dalam hal ini PGN sudah membuat langkah bagus dengan membuat PGN Mobile yang bisa di download di Play Store. Apa itu PGN Mobile, PGN Mobile adalah aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi seputar PGN termasuk untuk calon PGN yang berminat untuk berlangganan gas PGN. Calon pendaftar yang ingin berlangganan layanan gas bumi dapat mengisi formulir yang tersedia dalam aplikasi. Selain fitur pendaftaran, pelanggan juga dapat memperoleh informasi mengenai produk-produk PGN. Konsumen juga bisa mengakses informasi jumlah tagihan gas dan pemakaiannya, serta mengetahui lokasi stasiun pengisian bahan bakar gas bumi (SPBG). PGN Mobile akan terus dikembangkan dengan kebutuhan pelanggan sebagai acuan. Semoga sukses...

#MembumikanGasBumi #PGNEnergiBaik #GasBumi #Hemat #Bermanfaat #Aman #Indonesia

Sumber pustaka: www.pgn.go.id
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba penulisan blog PGN #MembumikanGasBumi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar